Kamis, 13 Desember 2012

Tugas Minggu ke - 2


Universitas Gunadarma
Fak. Ekonomi, Jurusan Akutansi 2012
Mata Kuliah : Soft Skill Pengantar Bisnis. 
Kelas : 1EB20
Nama :                                    NPM :
Adi Nurohmandana                20212182
Anggara Budy Prasetyo         20212899
Fajar Maulana Al Fahmi        22212718
Nurul Anwar                           25212526
                                    Yudha Krisna Pratama           27212890

1. Buatlah dengan 1 contoh usaha/perusahaan nyata Universal tentang tujuan dari perusahaan !
Tujuan perusahaan
Tujuan ekonomis : Upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Danone Aqua mungkin dapat dijadikan salahsatu inspirasi bagi dunia industri. Sebagai salahsatu pelaku industri, PT Tirta Investama, produsen air minum dalam kemasan Aqua melakukan sejumlah pemberdayaan masyarakat dan dukungan pengembangan UKM sebagai bagian dari kegiatan CSR Danone Aqua. Program CSR telah dilakukan Danone Aqua sebelum melakukan investasi di berbagai daerah melalui pembangunan pabriknya. Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan investor yang baru mulai melakukan CSR ketika pabriknya sudah berdiri. “Danone Aqua melakukan kegiatan CSR sejak tahap perencanaan investasi. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan keseriusan itikad baik Danone Aqua terhadap masyarakat untuk turut serta mengembangkan ekonomi masyarakat dan  daerahnya. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat tentang komitmen bisnis kami yang tidak semata melakukan usaha bisnis, tapi juga memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan sosial lingkungan”, jelas Troy Pantouw (Direktur Komunikasi PT Tirta Investama).
Tujuan peningkatan ekonomi masyarakat menjadi target dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UKM oleh Danone Aqua.
Tujuan sosial : Aqua memberikan kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat sekitar melalui program sosial dan lingkungan hidup yang bersifat berkesinambungan (sustainable).
Melalui program Aqua Lestari yang merupakan suatu pendekatan sosial lingkungan yang inovatif dan multipihak untuk memberikan kontribusi kepada kesinambungan bisnis dan lingkungan hidup. Aqua merancang program-program sosial melalui pendekatan berbasis masyarakat, bekerja sama dengan para pemangku kepentingan serta berorientasi pada kebutuhan.
2. Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan nyata !
Pendekatan bisnis
Melakukan pendekatan dengan prinsip secara baik sesuai dengan etika, agar masyarakat bisa menerima dengan baik perusahaan tersebut, dan sebagai jalan dalam melakukan promosi perusahaan kpd seluruh masyarakat. Danone menggunakan pendekatan bisnis yang mengkombinasikan tujuan ekonomi dengan tujuan sosial dan lingkungan. Empat prioritas strategis, atau yang dikenal dengan 4 Pilar, dipilih untuk menjalankan misi Danone, yaitu: Kesehatan (Health), Lingkungan Hidup (Nature), Untuk Semua (For All), Manusia (People). "Health" dan "For All" terkait langsung dengan tujuan pertumbuhan dan perkembangan bisnis, sementara "People" dan "Nature" merupakan karakteristik pendekatan Danone. AQUA Group mengikuti pendekatan yang dikembangkan oleh Danone Group tersebut.
3. Terangkan dengan menggunakan perusahaan nyata Universal pengaruh lingkungan intern dan ekstern !
Pengaruh lingkungan
Lingkungan Intern : Lingkungan dari dalam perusahan yang mempengaruhi perusahaan Aqua, antaralain:
a. Keuangan 
Perusahaan Aqua dari segi keuangan sangat kuat karena perusahaan ini merupakanleader dalam industri air minum yang telah menguasai pasar (market leader) airmineral hingga 60%.
DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 %menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group.
b. Pemasaran
Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk. Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan.
Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama.
 Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.
c. Sumber Daya Manusia
 Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua.
Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Aqua memiliki sumber daya manusia yang sudah terampil dan loyalitas terhadapperusahaan.
d. Operasi dan Produksi 
Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.
Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local.
e. Produk 
Brand Aqua Danone sangat kuat. Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua. Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).
Lingkungan ekstern : Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri
a. Ekonomi 
Faktor ekonomi dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena airmineral merupakan suatu barang yang tidak terlalu mahal dan menjadi kebutuhan dalamkehidupan manusia.
b. Sosial 
Faktor sosial dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena airmineral bukanlah suatu barang yang dapat digunakan untuk menaikkan prestise seseorang.
c. Politik dan Hukum
Faktor politik dan hukum dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena perubahan dalam situasi politik dan hukum tidak berpengaruh secara langsung terhadap industri air mineral.
d. Teknologi 
Teknologi merupakan faktor yang sangat penting karena dalam pengelolaan airmineral membutuhkan teknologi yang canggih untuk menghasilkan barang yang berkualitas baik.
e. Demografi 
Faktor demografi merupakan faktor yang penting karena dapat meningkatkan penjualan dari air mineral semakin besar jumlah penduduk disuatu negara maka secara langsung permintaan terhadap air mineral juga akan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar