Tema : Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi
Judul : Varian Notebook Kuasai 65% Pasar
Pendahuluan :
Latar Belakang
Semakin berkembangnya kemajuan teknologi terutama dalam bidang Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi. Dan pada saat ini Informasi sudah menjadi sumber daya yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Selanjutnya sejarah dan definisi mengenai Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi.
SejarahTeknologi Informasi (TI) danTelekomunikasi
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
DefinisiTeknologi Informasi (TI) danTelekomunikasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’ bentukkomunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
· Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
· Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
· Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Saat ini telah menjamurnya komputer jinjing (notebook) di pangsa pasar dan yang terbaru ini adalah iPad dari perusahaan Apple yang sudah menjadi populer dalam dunia bisnis maupun dalam dunia pergaulan. Setiap harinya penggunaan iPad semakin meningkat dan sangat berpengaruh oleh penjualan notebook di pangsa pasar, karena iPad lebih mudah digunakan untuk mempercepat bisnis dalam membeli atau menjual barang/jasa. Oleh sebab itulah saya mengangkat topik ini sebagai tulisan.
Isi :
Kehadiran produk iPad diprediksi pengaruhi pangsa komputer jinjing. Produk komputer jinjing (notebook), termasuk netbook, menguasai 65% pangsa pasar personal computer (PC) di Tanah Air Selama Januari-September tahun 2010. Dan selama 9 bulan pertama tahun 2010 penjualan komputer di Indonesia sudah mencapai 3,8 juta unit, target setiap kuartal hampir tercapai semua. Dari jumlah itu, pangsa produk notebook, termasuk netbook mencapai 65%, sedangkan sisanya desktop. Pasar komputer sudah bergeser dari sebelumnya didominasi oleh produk desktop kini dikuasai produk dan netbook. Meski pertumbuhan notebook tetap tinggi, yang menarik adalah desktop yang diperkirakan mandek ternyata justru tumbuh.
Dalam lingkup portofolio HP, secara keseluruhan dalam perbandingan kuartal ke kuartal, notebook memiliki pangsa rata – rata sekitar 50% yang terserap ke segmen konsumer dan korporasi. Adapun piranti lainnya seperti desktop 30%, diikuti workstation dan thin client masing – masing 10%. Kehadiran produk pengikut piranti iPad dari Apple dan masuknya iPad yang didukung format simcard mikro dapat memberi dampak bagi para notebook nasional.
Apkomindo memproyeksikan piranti PC lokal, termasuk produk komputer rakitan nonbrand masih mempertahankan pangsa 60% dari total pasar PC di Indonesia pada tahun 2010. Adapun, 40% pangsa akan kembali diperebutkan oleh vendor PC global. Dalam bersaing merebut pasar, vendor PC lokal diperkirakan akan mengembangkan produk dengan spesifikasi yang mendekati sama dengan PC merek global karena sama – sama mengandalkan basis prosesor Intel ataupun AMD, tetapi variasi pengemasan yang berbeda.
David Kartono, Vice President Product Development & International Sales Axioo International, produsen notebook Axioo, mengatakan peluang pasar komputer jinjing di Indonesia sangat besar karena jumlah penduduk sangat banyak, sementara penetrasi produk itu masih rendah. Menurut dia, dengan pasar notebook yang masih terus bertumbuh, Axioo menempatkan Indonesia sebagai salah satu pasar potensial. Dia mengatakan pihaknya tidak khawatir terhadap penjualan iPad yang terus meningkat karena hanya akan bersaing dengan segmen laptop berukuran 10 inci kebawah, kendati penjualan iPad dapat menggerus pasar notebook.
Di tengah pasar yang terus tumbuh, vendor PC semakin agresif membidik pasar dari segmen usaha kecil menengah (UKM) yang menyerap 70% total penjualan komputer di Indonesia.
Penutup
Kesimpulan :
Dari tulisan ini dapat disimpulkan bahwa iPad berfungsi sebagai konsumsi konten, sedangkan notebook lebih berfungsi sebagai content creation, dan segmentasi iPad dan notebook berbeda. Penjualan iPad diprediksi mencapai 28 juta unit pada tahun 2011 dan secara tidak langsung akan mempengaruhi penjualan laptop untuk kelas bawah. Dalam mengatasi pengaruh penjualan iPad yang mencapai 28 juta unit pada tahun 2011 di tanah air yaitu dengan strategi memperluas pasar di UKM adalah dengan mengeluarkan produk desktop ataupun notebook untuk pengguna di pasar UKM dengan harga bersaing, sehingga bisa terjangkau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar